Lingkungan Pemasaran
adalah lingkungan perusahaan
yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi
kemampuan manajemen
pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan
pelanggan sasaran.
Dimensi lingkungan makro
adalah ekonomi, sosial budaya, politik, hukum serta teknologi. Masing-masing
dari ke lima dimensi tersebut memiliki peranan yang sangat penting. Namun ada
satu karakteristik yang sangat mendominasi, yaitu ekonomi. Ekonomi saat ini
merupakan tolok ukur bagi suatu Negara, apakah Negara tersebut maju atau
tidak.
Lingkungan Ekonomi Dunia :
- Tinjauan ekonomi dunia
- Sistem ekonomi
- Tahapan perkembangan pasar
- Tahapan perkembangan ekonomi
- Pendapatan dan paritas daya beli
- Lokasi populasi
- Perkembangan pemasaran dan ekonomi
- Neraca pembayaran
- Pola perdagangan
1.
TINJAUAN EKONOMI DUNIA
Ekonomi dunia terjadi perubahan besar
sejak perang dunia II. Perubahan paling besar dan mendasar adalah munculnya
pasar global. Integrasi ekonomi dunia meningkat secara signifikan (misalnya:
Uni Eropa dan Nafta).
Realitas perubahan Ekonomi Dunia :
1.
Penggerak ekonomi dunia
adalah perpindahan modal, bukan lagi perdagangan.
2.
Produktifitas telah terlepas
hubungannya dengan tingkat pekerja.
Dahulu, semakin banyak pekerjanya maka
semakin besar produktifitas yang dihasilkannya. Namun sekarang setelah adanya
pemasaran global, perusahaan mengurangi pekerjanya dan produktifitas yang
dihasilkan tetap sama, karena perusahaan memanfaatkan kemajuan teknologi.
3.
Ekonomi dunia mendominasi
keadaan.
Bisnis sukses jika pimpinan bisnis dan
pembuat kebijakan focus pada ekonomi dan pasar bisnis.
4.
Berakhirnya perang dingin
kapitalisme dan sosialisme
Komunisme sebagai system ekonomi telah
terguling oleh kapitalisme.
2.
SISTEM EKONOMI
Ada 3 jenis sistem ekonomi yaitu:
kapitalis, sosialis, dan campuran.
Klasifikasi ini berdasar metode alokasi
sumberdaya dalam system, yaitu: alokasi pasar, alokasi berdasar perintah, dan
alokasi campuran.
a.
Alokasi Pasar
Sistem ini mengandalkan konsumen yang
mengalokasikan sumberdaya. Konsumen yang memutuskan apa yang akan diproduksi
oleh siapa. Sistem pasar adalah suatu demokrasi ekonomi. Masyarakat punya hak
memberi suara dengan uang mereka untuk barang yang sesuai dengan pilihan
mereka.
b.
Alokasi berdasar perintah
(alokasi komando)
Dalam system ini pemerintah berkuasa
untuk melayani masyarakat termasuk keputusan pruduk mana yang harus dibuat dan
cara membuatnya. Konsumen bebas berbelanja apapun yang tersedia tapi keputusan
apa yang diproduksi dan apa yang tersedia ditentukan oleh perencana pemerintah.
Bauran pemasaran tidak digunakan sebagai variabel strategis dan distribusi
ditangani oleh pemerintah.
c.
Alokasi campuran
Dalam kenyataannya sebenarnya yang ada
adalah sistem campuran kedua sistem atau alokasi tersebut diatas.
3.
TAHAP PERKEMBANGAN PASAR
Pasar global tiap Negara dalam tahap
perkembangan yang berbeda. PNB perkapita merupakan dasar segmentasi demografi
yang berguna. Atas dasar ini maka ada 4 kategori pasar global:
1)
Negara berpenghasilan rendah
atau Negara pra industri (PNB per kapita < $766).
2)
Negara berpendapatan
menengah bawah atau Negara berkembang (PNB per kapita $766 - $3.036).
3)
Negara berpendapatan
menengah atas atau Negara industri baru (PNB per kapita $3.036 - $9.386).
4)
Negara berpendapatan tinggi
atau Negara maju atau Negara industri (PNB per kapita > 9.386).
4.
TAHAP PERKEMBANGAN EKONOMI
Tahap perkembangan pasar berdasarkan PNB
per kapita yang disesuaikan dengan tahap perkembangan ekonomi. Negara dengan
pendapatan rendah dan menengah kebawah juga mengarah pada Negara berkembang.
Negara dengan pendapatan menengah atas juga disebut industrialis, sementara
Negara yang berpendapatan tinggi ditunjukkan untuk Negara-negara maju,
industrialis, dan pasca industri.
5.
PENDAPATAN DAN PARITAS DAYA
BELI
Pada pasar global sering ditemukan bahwa
untuk kebanyakan produk (khususnya untuk
industri yang sangat luas dan produk konsumen di pasar internasional),
pendapatan adalah variabel tunggal ekonomi yang paling bernilai.
6.
LOKASI POPULASI
Untuk produk yang berharga murah,
populasi merupakan variabel yang lebih penting daripada pendapatan untuk
menentukan pasar potensial. 10 negara berpenduduk terbanyak di dunia memiliki
sekitar 2/3 populasi dunia saat ini, dan menguasai 52,5% pendapatan dunia.
Ada korelasi negatif kecepatan
pertumbuhan populasi suatu Negara dan pendapatan per kapita. Makin rendah
tingkat pendapatan, semakin tinggi kecepatan pertumbuhan populasinya 97%
pertumbuhan populasi dunia berasal dari Negara-negara belum atau sedang
berkembang.
7.
PERKEMBANGAN PEMASARAN DAN
EKONOMI
Pemikiran pemasaran apakah ada
relevansinya dengan proses pembangunan ekonomi. Beberapa orang percaya bahwa
pemasaran adalah sebuah bidang yang hanya relevan dengan kondisi yang berlaku
di negara-negara maju (industri yang kaya), dengan masalah utama adalah
mengarahkan sumber daya masyarakat ke keluaran yang selalu berubah atau
produksi untuk memuaskan pasar yang dinamik. Di negara yang kurang berkembang,
masalah utamanya adalah alokasi dari sumber daya yang langka ke dalam kebutuhan
produksi yang jelas. Fokus yang penting dalam negara-negara kurang berkembang
adalah pada produksi dan cara meningkatkan keluaran, bukan pada kebutuhan dan
keinginan pelanggan.
Peran pemasaran di negara berpenghasilan
rendah sama seperti perannya di negara berpenghasilan tinggi, yaitu
mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan orang, dan memfokuskan usaha
organisasi untuk memberikan respons pada kebutuhan dan keinginan tersebut.
Misalnya, memburu sumber daya energi alternatif seperti kekuatan angin dan
solar adalah penting untuk dua alasan: kekurangan cadangan batubara di banyak
negara, dan kepedulian bahwa sisa bahan bakar akan memberi kontribusi terhadap
pemanasan global.
Literatur ekonomi amat menekankan “peran
pemasaran dalam perkembangan ekonomi” apabila pemasaran didefinisikan sebagai
distribusi.
8.
NERACA PEMBAYARAN
Neraca pembayaran adalah catatan dari
semua transaksi ekonomi antara penduduk dari sebuah Negara dari belahan dunia
lain. Neraca pembayaran dibagi menjadi apa yang disebut dengan transaksi
berjalan dan transaksi modal. Transaksi berjalan adalah catatan dari semua
perdagangan barang dan jasa, transaksi hibah swasta dan bantuan pemerintah
antar Negara. Perkiraan modal mencatat semua investasi langsung jangka panjang
dan arus keluar-masuk modal jangka panjang serta jangka pendek. Tanda negative
menandakan keluarnya uang.
9.
POLA PERDAGANGAN
Setelah perang dunia II, pertumbuhan
impor dan ekspor melebihi kecepatan kenaikan PNB, investasi langsung oleh pihak
asing berkembang 5 kali lebih cepat daripada perdagangan dunia dan 10% lebih
cepat daripada PNB. Pada 1994, nilai perdagangan dunia $4,1 triliun dengan 75%
ekspor dunia dihasilkan oleh Negara-negara industry dan 25% oleh Negara-negara
berkembang.
Sektor pertumbuhan perdagangan dunia
yang paling cepat adalah perdagangan dalam bidang jasa, meliputi: perjalanan
dan hiburan, pendidikan, bisnis jasa seperti keahlian teknik, akuntansi, biro
jasa hokum, pembayaran royalty, dan biro lisensi. Sayangnya, statistic dan data
mengenai perdagangan jasa tidak selengkap perdagangan barang.
mau dapat uang di internet tanpa modal, bahkan sudah ada banyak orang yang membuktikannya, dan terbukti berhasil..
BalasHapusSekarang giliran anda, jangan sampai peluang emas ini hilang, karena bisa meraup bayaran harian, klik sekarang disini KERJA COPY PASTE ONLINE